Cara Mengoptimalkan Penulisan Artikel Agar Muncul di Pencarian Google

Cara Mengoptimalkan Penulisan Artikel Agar Muncul di Pencarian Google

topmetro.news – Setiap penulis artikel atau content creator pastinya menginginkan tulisan yang telah dibuat muncul pada mesin pencarian, baik itu Google, Bing, Yandex, baidu dll. Berdasarkan hal tersebut maka konten creator sekarang ini berlomba-lomba untuk mempelajari dan memperaktekan cara mengoptimalkan penulisan artikel agar muncul di pencarian google. Namun, hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan saat ini, mengingat banyaknya persaingan yang juga menginginkan hal yang sama.

Berikut ini ada beberapa cara mengoptialkan penulisan artikel agar muncul di pencarian Google.

1. Tulisan Harus Sesuai Kaidah SEO

Banyak content creator yang biasa menulis untuk sekedar menyalurkan hobby atau menjadikan menulis sebagai pekerjaan. Namun, berdasarkan riset yang telah dilakukan hanya sebagian kecil saja yang mampu menulis sesuai dengan kaidah SEO.

Cara Menulis Sesuai Kaidah SEO:
Perhatikan Judul

Sebelum menentukan judul alangkah baiknya seorang penulis meriset dahulu keyword (kata kunci) yang akan digunakan melalui tools untuk meriset kata kunci, seperti google trend, google ads, MOZ bar, Semrush dll. Usahakan keyword yang di targetkan memiliki volume pada mesin pencarian google.

Foto

Untuk memaksimalkan agar cara mengoptimalkan penulisan artikel agar muncul di pencarian Google ini berjalan dengan baik, maka kita juga harus memperhatikan aspek foto ini. Karakteristik foto yang sesuai dengan kaidah SEO adalah foto todak plagiat, tidak ada unsur yang melanggar hukum misalnya kekerasan dan pornografi, menggunakan ilustrasi.

Isi Artikel

Masuk pada bagian vital terakhir agar tulisan sesuai kaidah SEO pastinya adalah isi dari artikel atau berita tersebut. Isi dari artikel harus sesuai dengan judul yng telah dibuat dan mengandung keyword pada paragraf pertama.

2. Artikel Harus Sesuai keyword

Setiap penulis yang telah menuangkan ide tulisan yang telah dibuat pastinya harus melihat atau meninjau kembali setiap kalimat yang ada pada tulisannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah artikel yang telah sudah dibuat mengandung jumlah keyword sesuai kaidah SEO atau belum (untuk hasil terbaik, gunakan keyword dengan jumlah yang banyak).

3. Menanam Konten Dari Jauh Hari

Setiap penulis pastinya memiliki ide yang beragam untuk menuangkan pikiran yang ada untuk membuat konten. Ide untuk menulis konten yang akan terjadi dikemudian hari juga sangat baik dimata google. Sebagai contoh, pada bulan februari ini akan ada Hari Valentine. Ide menulis artikel untuk membahas topik Hari Valentine tentunya sangat menarik dan sudah pasti akan mendatangkan traffic. Mengingat pengunjung pasti akan terus mencari topik tersebut menjelang hari peringatannya.

4. Menghindari Plagiat Dan Duplikasi Konten

Cara mengoptimalkan penulisan artikel agar muncul di pencarian google selanjutnya adalah menghindari plagiat dan duplikasi konten. Karena tentunya Google sangatlah membenci konten yang plagiat yang hanya sekedar copy paste. Untuk itu penulis di wajibkan untuk melihat suatu pembahasan dari angle atau sudut pandang yang berbeda. Jadi, walaupun inti dari isi berita atau artikelnya sama akan tetapi bila penulis dapat mengaplikasikan tulisan nya dengan sudut pandang yang berbeda dapat dipastikan konten tersebut akan terlihat original dimata Google.

Selain cara mengoptimalkan penulisan artikel agar muncul di pencarian Google, ada juga media dari Google lainnya yang tidak kalah penting nya. Yaitu Google News dan Google Discovery, berikut adalah cara agar artikel kita muncul pada kedua media tersebut.

1. Google News

Dikarenakan Google News sangatlah selektif untuk menayangkan beritanya, maka berita harus memenuhi kriteria berikut.

– Berita harus berkualitas dan memenuhi kaidah SEO

– Keyword yang ditulis sama dengan yang dicari pembaca

2. Google Discovery

Masuk kedalam Google Discovery sangatlah sulit, bahkan bisa dikatakan hanya sebuah keberuntungan ketika konten yang kita buat bisa masuk kedalamnya. Berdasarkan hasil riset, setidaknya berikut adalah kriteria agar konten yang kita buat dapat masuk ke Google Discovery.

1. Menyesuaikan dengan kata kunci yang pembaca cari

2. Konten yang mengandung berita lokal

3. Konten trending yang berkualitas.

Penulis | Arsyad K.R

Related posts

Leave a Comment